Rabu, 16 Februari 2011

Email......!

 ^EMAIL....^
Surat elektronik atau istilah electronic mail.....Email merupakan salah satu fasilitas atau aplokasi internet paling banyak digunakan.
Langkah Langkah Membuat Email PDF Print E-mail

Langkah membuat email mudah kok. Tutorial ini diperuntukan bagi pengguna internet yang masih pemula (newbie). Email (Elektronik Mail) merupakan surat elektronik, dimana sesama pengguna internet yang memiliki akun email dapat saling berkirim surat elektronik atau email.
Sarana membuat email disediakan gratis oleh semua website seperti : gmail.com, yahoo.com, rocketmail.com ymail.com, plasa.com dll.
Saya akan menuntun anda se langkah demi se langkah membuat email dari website yahoo berbahasa indonesia yaitu dengan alamat www.yahoo.co.id
Berikut ini adalah langkah langkah membuat email :
  1. Masukkan alamat webnya melalui mozilla atau internet explorer, pada panduan ini menggunakan mozilla

  2. Maka akan muncul jendela website yahoo.co.id sebagai berikut lalu klik daftar :

  3. Lengkapi Biodata Pribadi Anda pada Kotak Isian yang Telah Disediakan, seperti gambar berikut :

  4. Tentukan Kata Sandi (kata sandi berfungsi untuk membuka email anda nantinya) dan ID email (nama email anda, misal nama email yang anda pilih adalah anthrayuga, maka alamat emailnya menjadi anthrayuga@yahoo.co.id This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it dibaca : anthrayuga[et]yahoo[dot]co[dot]id), seperti pada gambar berikut :



    dalam membuat email, anda harus mengingat nama email anda serta kata sandi anda, karena kedua hal tersebut akan selalu anda gunakan pada saat anda akan membuka email anda nantinya !!!
  5. Membuat kata Pertanyaan serta Jawaban Pertanyaannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menanggulangi jika suatu saat nanti anda lupa kata sandi yang telah anda buat.


    Anda harus membuat atau memilih pertanyaan, dimana jawabannya yang akan selalu anda ingat !!
  6. Langkah membuat email selanjutnya adalah Tulis Ulang Kode Validasi pada Kotak isian yang Telah disediakan, Lalu Klik Buat Account Saya. Seperti terlihat pada Gambar Berikut :

  7. Jika Proses Pendaftaran Sukses, Maka akan Muncul Tampilan sebagai berikut :


    Selamat.... Anda sudah memiliki alamat email... EEiiiit tunggu dulu ada sebuah pesan konfirmasi dari yahoo di kotak email anda, silahkan anda klik Lanjutkan seperti terlihat pada gambar berikut :


    Maka akan muncul tampilan sebagai berikut :



    Setelah Mail di klik maka akan muncul jendela baru seperti berikut :



    Setelah Link Email Masuk diklik, akan muncul jendela baru sebagai berikut : 


    Untuk Melihat isi Email yang Masuk, Klik Judul Pesan. Setelah diklik Maka isi pesan yang masuk akan terlihat.
 

Cara Buka Email di Yahoo

ktronik, sudah menjadi hal biasa dalam berkomunikasi. Komunikasi yang dimaksud bisa dalam bentuk personal maupun pada suatu komunitas. Bahkan, perusahaan tertentu. Keistimewaannya, pengiriman bisa lebih cepat dengan teknik yang sederhana dan mudah.
Dalam berkirim email, pastikan Anda sudah terdaftar dalam suatu ISP (Internet Service Provider). ISP yang menyediakan layanan email gratis, di antaranya yahoo. Mengirim email mungkin sudah menjadi hal biasa bagia Anda. Begitupun menerima email. Namun, tahukah Anda bahwa cara buka email di yahoo bisa lebih mudah dan cepat?
Cara Buka Email di Yahoo
Berikut ini langkah-langkahnya.
  1. Tuliskan alamat http://mail.yahoo.com/ pada adress di komputer Anda. Anda akan masuk langsung ke halaman email yahoo.
  2. Masukkan yahoo Id dan password Anda ketika membuat account email di yahoo. Untuk yahoo Id, Anda hanya perlu memasukan Id-nya. Sebagai contoh, alamat email Anda: chikalucu@yahoo.com. Anda tinggal tuliskan Id yahoo chikalucu. Password-nya jangan sampai salah karena jika salah, Anda tidak akan bisa membuka email yang masuk ke alamat email Anda. Oleh karena itu, buatlah password yang mudah diingat.
  3. Selanjutnya, klik "Sign In". Lalu, Anda akan masuk pada halaman email Anda. Anda bisa cek email yang masuk, email keluar di folder sentspam, dan draft yang belum atau tidak jadi dikirim atau email yang sudah Anda hapus. Untuk membuka email, klik "Inbox" di kiri atas.
  4. Akan muncul email-email yang masuk ke alamat email Anda di yahoo. Di sana, tertera pengirim, subjeknya, serta tanggal pengiriman email tersebut.
  5. Klik email yang ingin Anda buka atau baca. Maka, isi email tersebut akan muncul di bagian bawahnya.
Jika sudah selesai membaca email tersebut, Anda bisa membuka email yang lainnya. Biasanya, jika membuka email dari yang paling atas atau yang terbaru, Anda tinggal tekan panah ke bawah pada keyboard untuk membuka email berikutnya.
Jika ingin menghapus email tersebut, Anda bisa langsung klik "Delet" pada bagian atas. Maka, email yang sudah Anda baca tersebut akan terhapus. Email ini akan masuk pada folder Trash.
Jika email yang masuk menyisipkan file dalam bentuk attachment (lampiran), bisa berupa foto, text dari Microsoft Word, dan sebagainya, akan terlihat ketika pertama kali Anda buka.
Anda cukup klik "Attachment" pada akhir email yang diterima atau pada ikon attachment yang lebih mirip klip untuk kertas. Dengan demikian, Anda bisa melihat isi attachmen-nya. Mudah, bukan?




CARA KIRIM E-MAIL YG BAIK DAN BENAR
Langkah - langkah yang harus anda kerjakan apabila anda ingin berhasil mengirim email di dunia dan akhirat, antara lain:
1.Hidupkan komputer atau laptop atau media apa saja yang berhubungan dengan email, catatan: cara menghidupkan komputer telah di bahas di dalam Bab I Kelas 1.
2.Buka media pengetikan, atau software pengolah kata atau data, bisa menggunakan Microsoft Word, ataupun Microsoft Exel dan jangan lupa untuk menekan alt-F4.
3.Ketik surat yang anda ingin sampaikan, jangan lupa untuk meletakkan alamat lengkap pada bagian atas surat tersebut, kop surat bila perlu.
4.Simpan pekerjaan anda dengan langkah yang telah anda ketahui sebelumnya (Ctl+S pada keyboard atau langkah apapun).
5.Setelah selesai mengetik surat, matikan komputer anda.
6.Kirimkan komputer anda ke alamat yang anda tuju.
7.Setelah sampai pada alamat yang anda tuju, hidupkan komputer anda, buka lagi file surat yang anda simpan tadi kemudian tunjukkan pada beliau.
8.Beri pilihan kepada beliau, komputernya mau di buang atau di kembalikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar